Berbagi Informasi Menarik

Senin, 01 Juli 2019

Alasan Orang Cerdas Temannya Sedikit

Alasan Orang Cerdas Temannya Sedikit

Salah satu kunci kebahagiaan adalah hubungan sosial yang baik. Seperti anggapan yang ada selama ini, jika seseorang memiliki banyak teman hidupnya akan semakin bahagia. Semakin sering bersosialisasi, semakin tinggi pula tingkat kebahagiaan yang dicapai.

Namun pendapat ini tidak selalu selaras dengan cara berpikir orang-orang berintelijensi tinggi. Mereka biasanya tidak memiliki banyak teman dan ada alasan tersendiri di balik kondisi tersebut.

1. Persahabatan Jangka Panjang Lebih Penting Daripada Teman Banyak

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology, berada di lingkungan yang dikelilingi banyak orang dan bersosialisasi dengan banyak orang justru tak membuat orang-orang cerdas merasa bahagia.

Mereka bukannya tidak menghargai teman. Justru sebaliknya, orang yang cerdas justru memikirkan hubungan sosial dengan makna yang lebih dalam. Mereka fokus pada hubungan jangka panjang secara objektif.

2. Menyortir Teman Lebih Bermanfaat

Orang-orang berintelijensi tinggi cenderung lebih memilih untuk menyortir orang-orang yang bisa masuk ke dalam lingkar pergaulannya. Mereka menganggap hangout dan mengobrol dengan banyak orang sekaligus justru membuang-buang waktu.

Mereka memilih beberapa teman yang bisa dijadikan sahabat untuk jangka panjang dan menginvestasikan energi serta pikiran untuk memelihara dengan orang-orang tersebut. Ini berarti mereka menghargai hubungan pertemanan yang kuat.
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar