Berbagi Informasi Menarik

Jumat, 07 Juni 2019

Cara setting BIOS agar booting dari flashdisk

Hi, guys kali ini mimin mau berbagi sedikit cara setting BIOS agar mau booting dari Flashdisk, mungkin bagi para mastah sudah bukan hal aneh dan ini hal sangat mudah, mimin mau berbagi buat sobat yang belum mengetahui cara setting BIOS agar booting dari flashdisk untuk langkah instal ulang Windows.
Okay jangan banyak cingcong hihihi.....
cekidot guys.....

1. Pasangkan flashdisk sobat semua ke port USB lepi atau PC kalian. Setelah itu, restart laptop atau PC anda.
2. Tekan tombol DEL (Delete) untuk masuk BIOS. Tombol paling umum yang bisa anda gunakan untuk masuk BIOS adalah DELF1F2F10 atau Fn+F2, tergantung jenis laptop dan motherboard anda.
3. Anda akan melihat tampilan BIOS yang kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Setelah itu, arahkan ke tab Boot menggunakan tombol ◄ ►.
tampilan awal BIOS windows 10
4. Seperti yang anda lihat pada menu Boot bahwa yang berada diurutan pertama adalah Hard Drive. Dengan kata lain, laptop atau PC anda akan melakukan booting pertama kali dari harddisk.
cara menginstal windows 10 dengan flashdisk
5. Supaya laptop anda booting pertama kali dari flashdisk, maka anda perlu menempatkan Removable Devices ke urutan pertama. Caranya cukup mudah yaitu dengan memilih Removable Devices kemudian menggesernya menggunakan tombol +/- sampai urutannya di posisi teratas.
geser sampai removable devices berada di urutan pertama
Catatan:
Oh ya, biasanya BIOS langsung mendeteksi flashdisk anda sesuai merk flashdisknya misal USB Kingston atau Thosiba bukan dengan nama Removable Devices.
6. Untuk menyimpan setting yang telah anda lakukan, pindah ke tab Exit, pilih Exit Saving Changes kemudian pilih Yes. Atau anda bisa langsung menekan tombol F10, kemudian pilih Yes.
cara menginstal windows 10 dengan flashdisk

Langkah selanjutnya apa mas?

Setelah selesai melakukan setting di BIOS, anda akan dibawa ke halaman instalasi. Untuk langkah-langkah instalasi windows 10, saya sudah pernah membagikannya pada artikel sebelumnya. Silakan klik link dibawah ini untuk melihat langkah-langkahnya (lewati pada bagian setting BIOS):
Baiklah, sekian untuk artikel cara menginstall windows 10 dengan flashdisk. Dua langkah yang perlu anda ingat yaitu, menjadikan flashdisk anda bootable dan mengatur agar booting pertama kali dilakukan dari flashdisk.
Jika anda menemukan masalah atau pertanyaan seputar instalasi windows 10 dengan flashdisk, jangan sungkan untuk menanyakannya melalui kotak komentar dibawah. Selamat mencoba dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar